Friday, September 16, 2005

Chapter#1
_Teknologi & Ekonomi_


Selintas gw inget jamannya internet masih jadi barang mahal dan langka dan cuma dimanfaatkan secara terbatas di kalangan ilmuwan dan militer. Pas internet mulai digunakan secara luas, warnet yang semula masih 12rb-an rata2 sekarang jadi 3500~4rb-an per jamnya (kecuali di kuta, 15 menit 4rb...ihh!). Ponsel, yang dulu ampe puluhan juta, dengan harga pulsa selangit, sekarang tukang becak pun punya hape.Teknologi menjadi barang yang ekonomis(?), ato teknologi menjadikan kebutuhan manusia lebih ekonomis(?). Mbuh bingung....
Dunia lagi krisis nih man!
Krisis bahan bakar, minyak dunia lagi tinggi2nya, US$70 per barel, padahal sebelumnya cuma sekitar US$50. Mungkin ini akibat program oil for food, yang salah penanganan, dan akibatnya malah jadi ladang KKN orang2 PBB. See, bukan Indonesia aja kan yang korup?
Bisa ngga yh, ditemukan bahan bakar sintetis, yang murah gitu, yang bisa ngegantiin minyak bumi sekarang?Selama ini teknologi yang dikembangkan untuk otomotif, masih aja make bahan bakar yang ga bisa diperbarui. Kalo Oli bisa sintetis, kenapa minyak/BBM engga?
Amerika lagi deh kayaknya yang menghalangi pengembangan bahan bakar baru ini, soalnya dia kan punya banyak perusahaan pengolahan minyak di seluruh dunia. Apa mau nunggu dunia kehabisan bahan bakar?
Kan bisa yh dia minta perusahaan pengolahan minyak untuk join research gitu ngembangin bahan bakar sintetis?
BBM kan juga kebutuhan manusia, kebutuhan dasar malah.
Penunjang kebutuhan self of belonginess juga kan? Jika komunikasi bisa jadi sesuatu yang mudah dan ekonomis, why not energy?


Chapter#2
_Surabaya dan Pejalan Kaki_


Pas dulu gw baca koran tentang Surabaya yang ga ramah ama pejalan kaki, gw rada ga ngeh.Ga ramah gimana?
Di koran itu disebutkan kalo Surabaya ga ada trotoar dan blabla...

Gw baru paham maksud tulisan itu pas gw jalan ke Bali kemaren. Di Kuta tuh, enak banget buat jalan.Meskipun ada beberapa trotoar yang cuma bisa dilewatin satu orang, tapi nyaman banget.
Beda dnk ma Surabaya.
Kayak tadi aja gw jalan mo ke bengkel ambil c'biruw, ga ada trotoar,secara uda jalannya sempit, rame, dipepet motor mulu (oohh... motor gendeng!!).
Di jalan2 gede yang ada trotoar lebih teraniaya lagi..
Trotoar dibuat orang jualan.. pejalan kaki malah kudu bertaruh nyawa jalan di tepian jalan.... susah banget nemu trotoar yang bisa berfungsi sebagaimana mestinya... kecuali mungkin di ITS yah......... tapi ada aja tuh yang menangkringkan jualannya di trotoar...

Nyebelin

0 Comments:

Post a Comment

<< Home